Kunci Kesuksesan

Kunci Kesuksesan
SUKSES (S = Saya harus berjuang, U = Untuk mencapai impian, K = Kendati itu sukar, S = Saya akan menjadi luar biasa, E = Esok pasti lebih baik dari hari ini, S = Saya yakin Tuhan akan memberkati saya)

Wednesday, December 9, 2009

Memotivasi Diri Sendiri



Setiap orang memiliki
dorongan untuk berprestasi yaitu:
  • Kecenderungan seseorang untuk mencapai sukses atau memperoleh apa yang menjadi tujuan akhir yang dikehendaki
  • Keterlibatan diri seseorang terhadap sesuatu tugas
  • Harapan untuk berhasil dalam suatu tugas yang diberikan
  • Dorongan untuk mengatasi rintangan-rintangan atau perjuangan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sulit secara cepat dan tepat
Dorongan ini timbul dari diri individu tersebut dan dapat dibina sejak kecil. Hal ini juga berkaitan dengan motivasi internal individu dimana individu terdorong untuk mencapai sesuatu karena persepsi mereka tentang kesuksesan dan kegagalan serta keyakinan mereka bahwa mereka dapat mengontrol lingkungan mereka secara efektif.

Ketika sesuatu yang baru datang atau ada kesulitan yang menghadang, kita dapat memotivasi diri kita sendiri. Saya membuat pertanyaan terbuka yang diajukan melalui
facebook dan respon dari teman-teman saya di status saya menunjukkan beberapa cara yang mereka lakukan untuk memotivasi diri mereka sendiri (terdapat lebih dari 30 komentar hanya dalam waktu 45 menit, pada tanggal 9 Desember). Thanks to all my friends for your participating ^^.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi diri sendiri:
  • Fokus pada tujuan yang akan dicapai di masa mendatang
  • Membayangkan tentang hasil-hasil positif yang akan diperoleh setelah selesai melakukannya
  • Melihat dan belajar dari orang lain yang telah sukses
  • Selalu berpikir positif dan mengandalkan Tuhan
  • Kembali kepada tujuan awal dan niat dalam melakukan sesuatu
  • Melakukan self-talk
  • Membuat tujuan jangka pendek/deadline/rencana kegiatan
  • Membuat grafik perkembangan terhadap apa yang kita lakukan
  • Mencari rekan kerja yang se-visi dan dapat saling mendukung
  • Membuat hal-hal yang dikerjakan menjadi sesuatu yang disukai/disenangi
  • Disiplin dan berkomitmen
  • Membaca kisah-kisah sukses orang lain
  • Memberikan hadiah atau penghargaan pada diri sendiri ketika berhasil mencapai tujuan
  • Bersaing secara sehat dan kompetitif pada orang lain
Bagi saya pribadi, saya memotivasi diri saya dengan cara:
  • Mengandalkan Tuhan
  • Fokus pada tujuan yang ingin saya capai dan hasil yang akan saya peroleh
  • Disiplin, membuat rencana kerja, dan berkomitmen
  • Selalu berpikir positif serta melakukan self-talk
  • Belajar dari kisah sukses orang lain

Sumber : Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y. S. D. (2004). Psikologi praktis: Anak, remaja, dan keluarga. Jakarta: PT
BPK Gunung Mulia

http://www.facebook.com/home.php?#/livia.agustin?v=feed&story_fbid=209973575072

No comments:

Post a Comment