Kunci Kesuksesan

Kunci Kesuksesan
SUKSES (S = Saya harus berjuang, U = Untuk mencapai impian, K = Kendati itu sukar, S = Saya akan menjadi luar biasa, E = Esok pasti lebih baik dari hari ini, S = Saya yakin Tuhan akan memberkati saya)

Thursday, December 10, 2009

Pengaturan Ruang Kelas


Pengaturan ruang kelas yang baik merupakan aspek yang penting dalam pengelolaan kelas yang dapat membantu guru melaksanakan tuntutan tugasnya yang kompleks. Kelas yang dikelola dengan baik adalah "Self-Contained Classroom" yaitu kelas dimana "semua keperluan" siswa dan guru dapat diperoleh dengan cepat dan tata letak kelas tersebut menunjang proses belajar dan mengajar. Kelas tempat siswa belajar harus memiliki kondisi fisik yang baik, tidak hanya dalam arti kondisi bangunan tetapi juga letak dan posisi bangunan kelas. Selain itu, diperlukan pencahayaan yang baik dan terhindar dari kebisingan. Menurut Emmeretall (1984) ada empat kunci pengaturan ruang kelas yang baik:
  1. Hindari kemacetan di bagian-bagian yang sibuk
  2. Pastikan murid dapat melihat guru
  3. Persiapkan materi pengajaran untuk murid dan kebutuhan-kebutuhan murid lainnya agar mudah diakses
  4. Pastikan murid dapat dengan mudah melihat papan tulis / tempat presentasi
Selain itu, ruang kelas hendaknya merangsang secara visual tanpa menganggu perhatian, misalnya diisi dengan berbagai hasil karya siswa seperti lukisan, foto, patung, karangan, dan karya-karya lainnya. Sediakan juga mading (majalah dinding) sebagai altenatif tempat untuk memamerkan hasil kerja siswa dan ruang penyimpanan materi dan kebutuhan siswa.

Sumber :
Mahbub, M. (4 Juni 2009). Upaya menciptakan kelas sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar dan
bekerja.
Diambil 11 Desember 2009, dari http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-makalah-tentang
/upaya-menciptakan-kelas-sebagai-tempat-yang-menyenangkan-untuk-belajar

Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas & keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

No comments:

Post a Comment